Tugas Botani (CYANOPHYCEAE/schizophyceae)


Postingan kali ini saya akan mengisi tugas kuliah saya, kalau saya boleh bercerita (halah)untuk menyusun tugas ini saya harus berjuang mati-matian untuk bisa mendapatkan artikel ini selama 2 hari tidur di atas jam 1 malam untuk menyelesaikan tugas ini (kacian dech lu,,) karena sangat susah untuk mencari referensinya.Tugas ini diberikan seorang dosen Botani di Universitas Sebelas Maret (UNS) kata dosennya nilai dari tugas ini akan membantu memperbaki nilai dari ujian kompetensi jika hasilnya jelek.

Inti sari dari tugas ini.

Cyanophyceae disebut sebagai alga biru atau ganggang belah (Schizophyceae) atau ganggang lendir ( Myxophyceae), adalah ganggang bersel tunggal atau berbentuk benang dengan susunan sel yang masih sederhana.

Klasifikasi Cyanophyceae

cyanophyceae dibagi menjadi 3 ordo, yaitu:

  1. Chroococcales
  2. Chamaesipphonales
  3. Hormogonales

Manfaat

  • Jenis ganggang hijau – biru bersel satu merupakan vegetasi perintis, hal ini karena ganggang tersebut mampu atau dapat mengawali kehidupan sebelum organisme lainnya dapat hidup di suatu tempat.
  • Sejumlah ganggang hijau – biru berfilamen ( bentuk benang ) dapat mengikat nitrogen ( N2) bebas dari atmosfer dan diubah menjadi amoniak ( NH3 ). Hal ini dilakukan dalam heterokist, sehingga dapat berperan dalam proses menyuburkan tanah
  • Nostoc, Perendaman sawah selama musim hujan mengakibatkan Nostoc tumbuh subur dan memfiksasi N2 dari udara sehingga dapat membantu penyediaan nitrogen yang digunakan untuk pertumbuhan padi.
  • Anabaena azollae, Hidup bersimbiosis dengan Azolla pinata   ( paku air ). Paku ini mendapat keuntungan berupa amoniak hasil fiksasi nitrogen oleh Anabaena azollae.

Spirullina mengandung protein yang tinggi sehingga dijadikan sebagai sumber makanan. Spirulina memiliki kandungan yang sangat lengkap, dan baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi manusia. spirulina ternyata memiliki kandungan zat besi 58 kali lebih banyak dari sayur bayam, dan 18 kali lebih tinggi dari daging. Jenis ganggang yang satu ini juga mengandung beta carotene 25 kali lebih banyak dari wortel, dan 100 kali lebih banyak dari pepaya, di samping kandungan lain seperti vitamin, protein, mineral, lemak dan karbohidrat.

Untuk mendowload klik disini

About Bimo

Pelajar hari ini pemimpin esok hari

Posted on 2 November 2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: