Rekomendasi Nama Anak Laki-Laki dan Perempuan


Assalamu’alaikum wr.wb
Saya sedang hamil 8 bulan, dan perkiraan dokter saya akan melahirkan akhir januari/awal feb, namun sampai saat ini belum menemukan nama. Bisa membantu merekomendasikan nama anak laki2/ perempuan yang islami. Afwan

Jawaban:

“Sesungguhnya pada hari kiamat nanti kamu sekalian akan dipanggil dengan nama-nam kamu sekalian dan nama-nama bapak-bapak kamu sekalian. Oleh karena itu buatlah nama-nama yang baik untuk kamu sekalian (HR.Abu Daud dengan sanad hasan dari abi darda’ RA)

Ass.Wr.Wb

Sebelumnya saya ucapkan selamat atas kehamilan Ibu semoga Alloh SWT memberikan kesabaran dan kelancaran dalam proses persalinan nanti.

“ What is the name?” (Apalah arti sebuah nama?) demikian yang dinyatakan oleh seorang penyair Inggris William Shakespeare dalam salah satu karyanya. Sekilas nama memang tidak memberikan arti apa-apa, namun Alloh SWT telah menerangkan kepada kita betapa penting sebuah nama, bahkan nama identik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi karena dasar dari pengembangan iptek ternyata sejalan dengan kemampuan manusia dalam mememe membedakan/memberikan nama-nama benda sebagaimana yang disebutkan dalam Qur an surah Al Baqarah : 21 “Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya…. “.

Memberikan nama bagi anak merupakan tugas dan kewajiban orang tua, sebagaimana yang disampaikan Umar bin Khottob ketika ditanya seorang anak tentang hak anak yang diperoleh dari orang tuanya, Umar berkata ; “ agar bapaknya memilih ibunya, memberikannya nama yang baik dan mengajarkan Al Qur an kepadanya”, juga telah diriwayatkan dari Imam Attirmidzi, An Nasai dan ibnu majah dari Al Hasan dari Samiroh, bahwa Rosululloh SAW bersabda: ” Setiap anak itu digadaikan dengan ’aqiqahnya. Disembelihkan (baginya) pada hari ketujuh (dari kelahiran)nya, dicukur kepalanya dan diberi nama”

Yang penting untuk diperhatikan dalam memberikan nama kepada anak-anak kita adalah mengetahui kaidahnya;
– Hendaknya memberikan nama yang baik, jauh dari konotasi negatif sehingga anak tidak merasa rendah diri dengan nama yang disandangnya. Sebagaimana firman Alloh SWT : “….dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan (buruk)…” (QS: Al Hujurat : 49), juga telah diriwayatkan dalam beberapa hadits bahwa Rosululloh SAW merubah nama yang jelek. Dari ‘Aisyah bahwa Rosululloh SAW pernah merubah nama yang jelek (HR.At Tirmidzi).Dari Ibnu Umar ra bahwa seorang putri Umar yang bernama ‘Ashiyah telah diganti namanya oleh Rosululloh SAW dengan Jamilah. (HR. Attirmidzi dan Ibnu Majah).

– Hendaknya tidak membebani anak dengan nama yang mengandung makna harapan sangat (terlalu) tinggi, seperti Koirun Naas (sebaik-baik manusia), Khoirun Nisaa’ (sebaik-baik wanita), sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits : “Rosululloh melarang kita menamakan hamba kita dengan empat nama : Aflah, Nafi’,Robbah dan Yassar” (HR.Ibnu majah)

Beberapa anjuran dalam penamaan anak, sebagaimana disampaikan oleh Rosululloh SAW dari Abu Wahab Al JaSyimi ra, ia mengatakan bahwa Rosululoh SAW bersabda : “ Ambillah nama-nama kamu sekalian dari nama para nabi, nama-nama yang paling disukai Alloh adalah Abdulloh dan Abdurrahman. Nama-nama yang paling benar adalah Harits dan Hammam, sedangkan yang paling jelek adalah Harb (perang) dan Murroh (pahit)” (HR. Abu Daud dan Nasa’i). Dari Abu Hurairoh ra bahwa Rosululloh SAW bersabda: “ Buatlah nama dengan namaku dan janganlah membuat julukan dengan julukan namaku” (HR.Bukhori & Muslim)

Mencermati kaidah dan nash-nash diatas, saya berharap ibu bersama suami dapat memberikan nama sesuai dengan petunjuk Islam, dan untuk memenuhi harapan ibu saya mengusulkan nama:
– Jika anak ibu laki-laki : Muhammad Hanif Abdurrahman (Muhammad dan Abdurrahman adalah nama-nama yang disukai dimana artinya sudah sangat masyhur, sedangkan hanif maksudnya: seorang yang selalu berpegang kepada kebenaran dan tak pernah meninggalkannya)
– Jika anak ibu perempuan : Jamilah Az zahra (Jamilah nama yang Rosululloh berikan yang berarti cantik/indah, sedangkan Az Zahra adalah julukan putri beliau, semoga dengan nama tersebut dapat mewarisi sifat dan keteladanan Fathimah Az Zahra). WALLOHU A’LAM. (guswan)

WABILLAHI TAUFIQ, WA SHOLLALLOHU ’ALA NABIYYINAA MUHAMMADIN WA ’ALAA AALIHII WA SHOHBIHI.

Wass.Wr.Wb

About Bimo

Pelajar hari ini pemimpin esok hari

Posted on 4 February 2010, in Konsultasi and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: